Besi WF atau yang lebih dikenal dengan sebutan besi wide flange adalah sebuah besi yang memiliki kemampuan untuk melakukan tarikan dan tekanan dengan gaya yang luar biasa tingginya. Umumnya besi ini dipakai di dalam sebuah industri yang berhubungan dengan konstruksi beserta strukturalnya.

Jika bangunan anda memakai bahan ini maka akan menjadi sebuah elemen yang sangat sempurna untuk sebuah bahan material dari konstruksi karena dapat memberikan penahanan dari sebuah tarikan beserta tekanan aksial yang datang. Jenis besi ini dapat anda gunakan nantinya sebagai bahan dasar untuk membangun sebuah jembatan, rumah, dan jenis konstruksi lainnya yang membutuhkan bahan dengan material yang kuat.

Bentuk Dan Fungsi Jenis Besi WF

Besi ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan huruf h dan I, biasanya bentuk dari besi tersebut memiliki dua sayap dan 1 tubuh utama. Sayap sendiri terdapat pada bagian sayap besi ini di bagian atasnya beserta dengan sebelah bawah komponen di bagian badan utamanya. Jadi besi jenis ini memiliki badan utama yang kuat dan tidak mudah rusak.

Umumnya jenis besi tersebut dipakai pada beragam jenis bangunan dan juga bisa diaplikasikan pada beragam macam bangunan. Selain itu jenis besi ini bisa anda taruh pada bagian fondasi sehingga terlihat sejajar dengan tanah. Bahan yang ada di dalam besi tersebut memberikan peran yang cukup penting karena memiliki fungsi untuk memberikan sanggahan secara struktural pada jenis bangunan yang sedang anda buat itu.

Kelebihan Besi Jenis WF Jika Anda Gunakan

  1. Menjadi Penyangga Sementara

Besi WF memiliki kelebihan utama daripada jenis penyangga lainnya yakni pada fungsi untuk dijadikan sebagai penyangga sementara. Biasanya hal ini dilakukan ketika anda ingin membuat sebuah konstruksi jembatan, dinding, dan lain semacamnya. Hal ini nyatanya memberikan dampak positif bagi anda yakni mampu memberikan penyanggahan secara sementara waktu.

  1. Bangunan Menjadi Lebih Kuat

Setiap konstruksi yang menggunakan jenis besi ini akan menjadi lebih kuat karena memiliki daya tahan topang yang  melebihi jenis besi pada umumnya. Struktur pada besi ini sendiri mampu menahan beban yang memiliki daya tekan gravitasi yang besar dan menekan ke bawah. Maka dengan demikian jika anda memakai jenis besi tersebut anda akan lebih aman daripada memakai jenis besi yang lain.

  1. Memiliki Fleksibilitas Yang Mumpuni

Ketika anda memakai besi WF sebagai bahan dasar utama pembuatan konstruksi, maka tak heran jika bangunan yang sedang anda buat tersebut akan lebih kuat dan tahan lama. Sehingga nanti bangunan yang anda buat itu akan memiliki jangka waktu yang lama untuk tidak runtuh akibat usia bangunan maupun keadaan alam yang tidak memungkinkan untuk tetap bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.