Menulis termasuk aktivitas positif yang bisa menghasilkan sekaligus memperkaya wawasan Anda. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali cetak cover buku dan buku pasti ada rintangannya. Apalagi, akan ada banyak saingan yang ingin karyanya diterbitkan penerbit besar. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan penerbitan Indie sehingga akan mendapatkan keuntungan berikut:

  1. Tanpa Birokrasi Berbelit

Setelah draft buku Anda sampai pada penerbit, perjalanan draft tersebut sampai jadi sebuah buku bacaan yang bercover masih panjang. Diperlukan meeting berkali-kali untuk membahas detail buku dari segala sisi agar buku lebih menghasilkan.

Berbeda halnya jika Anda mencetak buku sendiri. Andalah yang menentukan semuanya sehingga birokrasi yang berbelit tersebut bisa dipangkas. Mulai dari memeriksa naskah sendiri, edit, memilih desain cover buku hingga proses percetakan buku.

  1. Desain Sesuai Selera

Kebanyakan terjadi, desain cover buku atau ilustrasi dalam buku yang dihasilkan penerbit tidak sesuai dengan selera penulisnya sendiri. 

Terutama, ketika dikatakan selera penulis dianggap tidak “menjual” menurut penerbit, maka sebagai penulis pemula Anda harus mengikuti selera penerbit. Jika Anda cetak Cover Buku sendiri, semuanya bisa diatur sesuai keinginan. 

  1. Bisa Cetak Sesuai Jumlah yang Dibutuhkan

Salah satu kelebihan percetakan buku  sendiri, Anda bisa buat sistem penjualan pre-order. Maka, selama membuat batas waktu pre-order, baru Anda mencetak sesuai jumlah yang dipesan tersebut. Artinya, Anda tidak membuang biaya dan bahan-bahan secara percuma.

  1. Hak Kepemilikan 100%

Mencetak buku di penerbit Mayor artinya hak kepemilikan bukan 100% milik penulis. Berbeda dengan cetak sendiri, hak kepemilikan 100% milik penulis. Maka ketika akan cetak ulang, dibuat merchandise, atau kalau bukunya meledak mau diadaptasi ke film, semua hak eksklusif sepenuhnya milik Anda. 

Memang untuk distribusi buku dari percetakan Indie memiliki tantangan tersendiri. Namun, saat ini banyak platform marketplace yang bebas memasarkan berbagai produk.

Itulah keuntungan cetak Cover buku yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.