Sebagai orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Termasuk juga pemberian bimbingan belajar online guna mendukung prestasi sekolah anak. Tapi pastikan dulu betul-betul bahwa memang anak memerlukannya dan juga pilih yang tepat sesuai kebutuhan anak. Jangan sampai jadwal belajar anak terlalu padat lalu justru menjadi stres. Berikut ini tips memilihnya.

Sesuaikan Kebutuhan Anak

Sebelum memberikan bimbingan belajar kepada anak, perlu pertimbangkan untuk mata pelajaran apa yang anak masih lemah dan tertinggal dan rendah nilainya sehingga perlu ditingkatkan. Bimbingan belajar juga diperlukan pada saat anak hendak menjalani tes dan ujian, supaya anak bisa lebih siap dan dapat mencapai hasil ujian dengan nilai yang tertinggi secara maksimal. Bisa juga berikan bimbingan belajar pada anak ketika si anak sendiri yang memintanya. Hal ini menunjukkan ketertarikan anak dan kebutuhan anak akan mata pelajaran tertentu.

Bimbingan belajar sangat diperlukan pada saat hendak menjalani tes atau ujian. Hal ini krena materi kurikulum bimbingan belajar akan lebih fokus melatih anak dalam menjawab berbagai soal dan pertanyaan tes sehingga anak terlatih dan terbiasa dengan model-model soalnya juga bisa berlatih mengelola waktu dengan manajemen waktu yang baik sehingga soal-soal yang ada bisa dijawab dengan benar dan tepat secepat mungkin dan sebanyak mungkin sebelum waktu tes nya habis.

Mata pelajaran yang sulit bagi anak biasanya matematika dan bahasa Inggris juga kimia dan fisika, tapi tidak menutup kemungkinan juga pada beberapa mata pelajaran yang lainnya.

Cari Informasi Selengkap Mungkin

Kemudian kumpulkan informasi tentang berbagai lembaga bimbingan belajar online yang ada, dengan secara lengkap. Bisa secara online maupun offline lewat rekomendasi teman dan kerabat.

Pilih yang Bagus Reputasinya

Bisa dilihat dari jumlah dan kualitas alumnusnya. Jika banyak yang meningkat nilai hasil tes ujiannya sehingga diterima di fakultas favorit di universitas tujuannya, maka layak dipertimbangkan. Besar kemungkinan telah memiliki kurikulum yang bagus dan teruji kualitasnya, dan didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya.

Tentukan Jadwal yang Tepat

Berikutnya lalu tentukan jadwal pelaksanaan bimbingan belajar online

yang tepat sesuai kebutuhan anak. Dalam hal ini meliputi beberapa hal sebagai berikut.

Durasi Jangka waktu

Tentukan durasi jangka waktu lama proses belajarnya. Bisa mulai dari setengah jam, satu jam atau lebih hingga sekitar satu setengah sampai dua jam. Usahakan jangan terlalu pendek sehingga kurang waktu tapi juga jangan terlalu lama sehingga anak menjadi bosan dan lelah.

Frekuensi

Berikutnya tentukan frekuensi bimbingan belajarnya. Bisa satu kali sepekan atau dua hingga 3 kali sepekan atau lebih. Semakin dekat jangka waktu pelaksanaan tes atau ujiannya maka bisa ditambah frekuensi bimbingan belajarnya, agar bisa lebih intensif.

Pilih juga bimbingan belajar online yang memberikan garansi tukar pengajar jika anak merasa tidak cocok juga jika pengajar berhalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.