Tahukah kamu? Besi beton memiliki dua macam yakni besi beton polos dan besi beton ulir. Nah, jika besi polos memiliki permukaan yang licin maka besi ulir memiliki bentuk sirip melintang dengan pola tertentu dengan tampak dipilin. Nah fungsi dari dua besi beton ini berbeda dalam konstruksi. Penggunaannya harus tepat sesuai fungsinya agar dapat bekerja maksimal dalam konstruksi bangunan. Nah kali ini kita akan membahas khusus fungsi besi beton ulir. 

  1. Bangunan dengan Daya Tarik Kuat

Besi ulir tepat digunakan sebagai kerangka utama struktur bangunan tinggi. Memiliki karakteristik yang kuat, besi ulir biasanya digunakan untuk bahan utama bangunan yang memiliki infrastruktur daya tarik kuat seperti gedung pencakar langit. Ikatan yang kokoh membuat bangunan akan lebih kuat sehingga besi beton ulir digunakan sebagai bahan utama bangunan tinggi. Produk ini bisa didapatkan di tempat jual besi beton ulir.

  1. Tulangan Utama

Selain itu besi ulir juga menjadi tulangan utama untuk pembuatan beton bertulang. Uliran yang ada pada besi ulir membuat besi ulir memiliki daya lekat dan daya topang yang lebih dari besi polos. Sehingga, besi ulir memiliki fungsi yang tepat sebagai perekat antara tulangan dan beton. Nah, karakteristik beton bertulang yang kuat dengan bahan utama besi ulir sering digunakan untuk bagian pondasi, kolom, plat beton, maupun dinding geser. Tak hanya untuk bagian konstruksi bangunan, namun beton bertulang bisa juga digunakan sebagai furnitur. Untuk fungsi lainnya juga biasa akan dijelaskan di tempat jual besi beton ulir.

  1. Jembatan

Selanjutnya besi ulir juga tepat digunakan dalam konstruksi pembangunan jembatan. Besi ulir memiliki tingkat kekuatan tekan minimum mencapai 400 Mpa. Ini jauh lebih tinggi daripada besi polos yang hanya 240 Mpa. Dengan kekuatan yang lebih daripada besi polos, besi ulir cocok untuk membangun jembatan yang membutuhkan kekuatan yang kokoh dalam jangka waktu yang sangat lama.

Nah itulah beberapa fungsi besi beton ulir yang bisa dibeli di tempat jual besi beton ulir dalam konstruksi bangunan yang jika digunakan dengan tepat dapat menghasilkan bagunan yang kokoh dan kuat. Corak pada besi ulir memang diperuntukkan untukĀ  mempermudah penyatuan material bangunan sehingga besi ulir sehingga sering digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.