Sebagai salah satu bahan bangunan untuk rumah, triplek pasti tidak asing lagi di pendengaran. Mengingat kebutuhan akan salah satu bahan bangunan ini semakin meningkat setiap waktu. Triplek sendiri terbuat dari kayu lapis yang sering dimanfaatkan untuk berbagai bahan bangunan. Distributor triplek dan distributor besi wajib mengenal triplek juga kelebihan dan kekurangannya, nih! 

Triplek berasal dari kayu lapis, di mana kayu lapis itu sendiri sama seperti papan pabrik yang berasal dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan dengan satu lempengan kayu tipis. Lapisan tersebut ditempelkan dengan serat kayu yang bersilangan sehingga bahan tersebut akan semakin kuat dan daya tahannya tinggi. Selain itu, dengan karakteristiknya yang bisa dibentuk, bisa didaur ulang, apalagi harganya ramah di kantong. Namun, sebelum distributor triplek perlu tahu kelebihan dan kekurangan triplek berikut ini! 

Tripleks berasal dari kayu lapis yang dibuat dengan sempurna, yaitu dari lapisan veneer yang tipis sehingga mudah mengerut karena lem perekatnya tidak begitu kuat. Maka dari itu, dalam pembuatannya untuk kayu lapis tebal tidak menggunakan veneer, melainkan dengan menambah lapisannya.

Triplek sendiri terbagi menjadi dua, yaitu multipleks dan five-fly. Multipleks adalah triplek dengan 3 lapisan, sedangkan five-fly sesuai dengan namanya memiliki 5 lapisan. Jika diperhatikan, kayu lapis ini dibuat ganjil karena untuk menyeimbangkan konstruksi kayu. 

Sementara serat kayu di lapisan veneer disusun dengan arah serat di bagian bawah berbentuk lurus diarahkan ke veneer yang terdapat di atasnya. Sehingga, kayu lapis lebih kokoh dan lem akan lebih kuat. 

  1. Memiliki tekstur yang fleksibel, ringan, serta mudah didaur ulang. Sehingga mudah untuk dibentuk serta dipasang di mana saja. 
  2. Kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk struktur pembangun rumah atau bahan dasar membuat furnitur dalam rumah. 
  3. Dalam pembuatannya ukurannya sangat tepat dan sama sehingga mempunyai permukaan yang halus daripada jenis kayu lainnya. 
  4. Semua jenis kayu lapis untuk triplek tahan air kecuali untuk MDF dan particle board. 
  5. Ada beragam ketebalan serta ukuran triplek yang membantu Anda memilihnya sesuai kebutuhan
  6. Ukurannya tidak menyusut atau memuai sehingga tidak ada perubahan ukuran
  7. Tahan dengan cuaca serta suhu ekstrem Indonesia jika dipasang dan diberikan perawatan uang baik. 
  1. Membutuhkan waktu lama untuk proses penyelesaiannya karena diperlukan ketelitian tinggi untuk memasangnya. 
  2. Presisi ketebalan kurang bagus saat bergelombang sehingga tidak kuat dan rentan pada beban berat. 
  3. Permukaannya cenderung memiliki gelombang untuk jenis triplek yang murah. 
  4. Berbeda dengan kayu jati, bahan dasar triplek ketahanannya berkurang saat terkenal cuaca serta suhu ekstrem. 
  5. Tidak sesuai untuk bahan utama furnitur atau bahan bangunan di luar rumah. 
  6. Proses pengangkutan untuk triplek sangatlah sulit karena bahannya yang tipis
  7. Membutuhkan paku tembak atau paku yang kuat untuk memasangkannya pada rumah atau furnitur lain. 

Itulah kelebihan dan kekurangan triplek yang perlu diketahui semua orang, termasuk distributor triplek. Sehingga dalam menyalurkan triplek ke konsumen bisa memberikan informasi yang benar dan secara detail, jadi tidak akan ada kesalahpahaman nantinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.