Sering dipandang sebagai alat yang sama. Karena memiliki fungsi yang sama, untuk memanggang bahan makanan. Namun, tahukah Anda ada perbedaan antara alat griddle gas dan grill. Silakan Anda simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan utama griddle dan grill

Perbedaan utama grill dengan griddle adalah permukaannya. Grill menggunakan permukaan besi berlubang yang berjarak kurang lebih 1-2 cm pada setiap lubangnya. Hal ini akan menyebabkan panas dari api langsung menuju ke bahan makanan. Dan membuatnya air-air yang terkandung di dalamnya akan terjatuh dalam wadah tanpa mematikan api di bawah.

Sedangkan griddle menggunakan permukaan yang lebar dan datar sehingga panas bisa disalurkan secara menyeluruh yang membuat memasak makanan menjadi lebih cepat. 

Untuk perbedaan yang dihasilkan, hampir seluruh bahan makanan yang bisa dimasak dengan grill maka bisa dimasak pula dengan griddle gas. Namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya.

Misalnya saja menggoreng telur di griddle akan menjadi pekerjaan yang sangat mudah, sedangkan grill tidak bisa digunakan untuk menggoreng telur.

Contoh lain misalnya dalam membuat steak biasanya kita akan memakai grill karena cita rasa yang khas dari pembakaran. Anda juga bisa memakai griddle untuk membuat steak, bahkan pekerjaan ini akan lebih simpel dan mudah apabila menggunakan griddle.

Griddle lebih cocok digunakan untuk memasak makanan dalam jumlah yang besar dalam satu waktu. Anda bisa menggoler telor, ikan, bahkan pancake dalam satu griddle.

Mana yang lebih hebat? Griddle atau Grill

Griddle yang bagus tentu lebih baik daripada grill yang jelek. Namun diantara kedua alat masak ini sebenarnya memiliki fungsi  yang berbeda. Sehingga sangat sulit bila membicarakan mana yang lebih baik.

Memasak menggunakan grill dan griddle juga menawarkan pengalaman yang berbeda juga. Anda juga bisa mengaplikasikan berbagai teknik pada kedua alat ini.

Beberapa orang lebih menyukai griddle gas karena tekstur masakan yang krispi di luar dan lembut di dalam. Namun, terlepas dari itu semua kedua alat masak ini didesain untuk tujuannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.