Tentunya, sebagai orang tua, Anda ingin mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik untuk Anak, salah satunya adalah menabung. Dengan mengajarkan anak rajin menabung sejak usia dini, berarti Anda juga mengajarkan anak untuk mengelola keuangan, sehingga anak memiliki pribadi yang tidak boros kelak saat sudah dewasa. Saat ini sudah tersedia Tabungan Simpanan Pelajar untuk anak Anda.

Tips Memilih Tabungan Anak 

Mengajarkan anak menabung perlu dilakukan secara bertahap, Anda juga perlu mengarahkan dan menyediakan fasilitas agar anak bisa menabung dengan mudah. Jika dulu anak-anak biasanya menabung menggunakan celengan, saat ini sudah tersedia tabungan khusus untuk anak-anak.

Ada banyak sekali program tabungan anak yang bisa Anda pilih. Namun sebelum memutuskan untuk memilih program tabungan yang mana, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut terlebih dahulu, agar Anda tidak salah memilih.

  1. Setoran awal yang tidak terlalu tinggi

Demi mendukung anak agar lebih rajin menabung, sebagai orang tua, Anda perlu memilihkan tabungan anak yang memiliki setoran awal tidak terlalu tinggi. Tabungan untuk anak seharusnya memang memiliki setoran awal yang lebih rendah jika dibandingkan dengan tabungan untuk orang dewasa.

  1. Jumlah tiap setoran rendah

Selain setoran awal, Anda juga perlu memperhatikan jumlah tiap setorannya. Jangan pilih tabungan anak yang memiliki jumlah setoran terlalu tinggi, karena akan memberatkan anak. Tabungan anak sudah seharusnya dirancang khusus sesuai dengan uang saku anak-anak Indonesia pada umumnya.

Jumlah tiap setoran yang rendah membuat anak jadi lebih mudah menyisihkan uang sakunya untuk menabung, anak-anak juga bisa lebih rajin menabung kapan saja.

  1. Rendah biaya admin atau 0 Rupiah

Bagi Anda, orang dewasa yang berpenghasilan, tentunya biaya admin bulanan bukan suatu persoalan. Namun, bagi anak-anak biaya admin cukup memberatkan. Biaya admin yang tinggi bisa menguras tabungan anak. Maka dari itu, Anda perlu memilih tabungan anak yang memiliki biaya admin rendah atau bahkan bebas biaya admin (0 Rupiah).

  1. Suku bunga

Beberapa bank memiliki bunga tersendiri jika saldo sudah memenuhi jumlah minimum. Bunga tabungan tentunya memberikan Anda keuntungan saat menabung. Anda bisa memilih tabungan anak yang memiliki suku bunga. Namun, hal ini bukanlah hal yang utama, karena tujuan anak menabung agar mahir mengelola keuangan, bukan untuk mencari keuntungan.

  1. Desain kartu ATM yang menarik

Program tabungan anak-anak seperti Tabungan Simpanan Pelajar biasanya memiliki desain dan fitur yang menarik untuk anak-anak. Pada kartu ATM atau buku tabungan juga tercantum nama anak, sehingga rasa memiliki anak jadi lebih tinggi, dan anak jadi lebih rajin menabung.

Program Tabungan SimPel

Program Simpanan Pelajar (SimPel) memang dibuat khusus untuk para pelajar, mulai dari PAUD hingga SMA sederajat. Dengan adanya program ini, anak-anak akan lebih mudah menyisihkan uang sakunya di tabungan.

Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan anak Anda baik di bank konvensional maupun bank syariah yang menyediakan program Tabungan Simpanan Pelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.