Apa kamu ingin cetak kalender murah yang sesuai dengan gayamu? Walaupun sekarang kalender sudah ada di semua smartphone, beberapa orang masih memilih untuk punya kalender fisik. Hal ini karena tidak semua kalender di smartphone memberikan info tentang libur nasional. Kalau kamu ingin membuat kalendermu sendiri, berikut adalah langkah-langkahnya.

Tentukan Ukuran Kalender

Ada beberapa jenis kalender yang umum digunakan, yaitu kalender dinding, kalender meja, kalender easel, dan kalender magnet. Kalender dinding berukuran 20×28 cm atau 30,5×30,5 cm. Kalender dinding cocok untuk kamu yang ingin kalender dengan visual besar. Kamu juga bisa menjadikannya dekorasi dinding di rumahmu.

Kalender meja berukuran 15×21 cm. Kalender ini cocok untuk diletakkan di meja kerja juga untuk digunakan sebagai dekorasi meja. Sedangkan kalender easel adalah kalender yang serbaguna karena kamu bisa meletakannya dengan berbagai cara. Kalender jenis ini berukuran 12,7×17,8 cm. Yang terakhir ada kalender magnet yang bisa kamu gunakan sebagai hiasan kulkas, papan buletin, atau lainnya. Ukurannya adalah 7×7 cm atau 7×12 cm.

Pilih Gambar atau Desain

Setelah menentukan ukuran kalender, kamu bisa pilih desain atau gambar yang kamu inginkan. Pastikan gambar atau desain yang kamu inginkan sesuai dengan ukuran kalender, jadi tidak ada yang terpotong. Jangan lupa juga untuk memilih desain atau gambar berdasarkan format pola kertas, apakah horizontal atau vertikal.

Pilih Jenis Cetak

Kamu juga perlu memilih jenis cetak kalender murah atau premium, yaitu apakah kamu memilih untuk dicetak satu sisi atau dua sisi. Kalender dinding biasanya menggunakan cetak satu sisi. Tapi karena ini kalender custom, kamu bisa mencetaknya sesuai keinginanmu. Semua jenis cetak punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Contohnya, kalender dengan jenis cetak satu sisi terlihat lebih rapi. Sedangkan kalender dengan jenis cetak dua sisi bisa menghemat kertas, menjadikannya lebih ramah lingkungan.

Pilih Software Untuk Mendesain Kalender

Ada banyak software yang bisa kamu gunakan untuk mendesain kalender custommu, yang paling umum dan banyak digunakan adalah Adobe Photoshop dan Corel Draw. Tapi jika kamu tidak punya skills mendesain atau tidak familiar dengan software desain tersebut, kamu bisa menggunakan platform desain gratis, seperti Canva.

Platform ini menyediakan banyak sekali template desain yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Saat kamu mendesain kalender mu, perhatikan tata letak atau layout yang kamu gunakan. Pastikan angka terlihat jelas dan gambar pas dengan ukuran kalender.

Pilih Jenis Kertas dan Tinta

Kalender umumnya dicetak menggunakan kertas art paper seberat 120 gram atau 150 gram. Kertas jenis ini berwarna dasar putih dengan permukaan yang halus dan berkilau di kedua sisinya. Sehingga, kamu bisa bebas memilih tinta hitam atau berwarna. Siap untuk cetak kalender murah mu sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published.